Tentang Saba Desa

Banner Anak

Tentang Saba Desa

Saba Desa merupakan kegiatan kerelawanan yang mengajak para profesional untuk secara sukarela melihat dan mengenal kondisi pendidikan juga kehidupan masyarakat di desa. Pada kegiatan ini, para profesional akan berinteraksi langsung dengan siswa, guru, dan masyarakat yang ada di desa sebagai upaya untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut. Saba Desa ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh relawan Kelas Inspirasi Bandung dan akan dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 21 – 24 Juli 2017.

Latar Belakang Saba Desa

Selama ini desa telah menjadi penyangga bagi kota. Namun jika dibandingkan dengan kondisi di perkotaan, ada banyak kekurangan dalam  berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah pendidikan. Saba Desa atau mengunjungi desa akan diadakan di desa-desa yang berada tidak jauh dari kota. Diharapkan dengan adanya Saba Desa ini para relawan dapat turut ambil bagian langsung dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di desa-desa tersebut.

Bentuk Kegiatan

1. Ruang Inspirasi

Relawan akan berbagi dan bercerita seputar profesinya kepada siswa-siswi. Harapannya dengan cerita yang dibagikan oleh para relawan mengenai profesinya, mereka dapat terinspirasi dan termotivasi untuk mempunyai mimpi dan cita-cita. Selain itu, mereka bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai beragam cita-cita dan profesi di luar yang biasa mereka lihat dan dengar sehari-hari.

2. Ruang Berbagi

Keberhasilan siswa tidak lepas dari peran para guru di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian guru. Relawan nantinya akan berinteraksi dengan guru – guru yang ada di sekolah melalui kegiatan tertentu. Bentuk kegiatan dapat berupa workshop, pelatihan, seminar, dll. Diharapkan dengan adanya Ruang Berbagi ini dapat meningkatkan motivasi guru dan wawasan guru mengenai pendidikan.

3. Ruang Interaksi

Relawan diharapkan untuk dapat mengadakan kegiatan, baik formal maupun nonformal yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang ada di masyarakat desa.

This slideshow requires JavaScript.

Tujuan dan Manfaat Saba Desa

Bagi Siswa

  1. Memberikan semangat dan motivasi untuk terus melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya.
  2. Memberikan inspirasi dan motivasi untuk  berani memiliki mimpi dan cita-cita, serta untuk berjuang demi meraih mimpi dan cita-cita tersebut.
  3. Menambah wawasan tentang beragam jenis profesi yang ada dimasyarakat.
  4. Menanamkan 5 (lima) nilai moral positif utama, yaitu kejujuran, kerja keras, pantang menyerah, kemandirian, dan sikap hormat pada orang tua dan guru sebagai jalan untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita.

Bagi Guru

  1. Menjadi sarana interaksi, diskusi, dan bertukar pikiran antara guru-guru dari sekolah di lokasi kegiatan Saba Desa dengan para relawan.
  2. Memberikan pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman baru melalui materi-materi yang disediakan oleh para relawan.
  3. Menyediakan kesempatan bagi guru-guru di lokasi kegiatan Saba Desa untuk mengembangkan diri, meningkatkan kualitas, dan meningkatkan profesionalitas yang nantinya dapat dipraktekkan di kelas ataupun tempat lain.

Bagi Masyarakat

  1. Menjadi sarana bertukar pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman positif antara masyarakat di desa dengan para relawan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mendorong terciptanya sinergi positif antara masyarakat di desa dengan para relawan yang diharapkan dapat saling meningkatkan kualitas hidup masing-masing.

Bagi Relawan

  1. Memberikan kesempatan untuk ikut ambil bagian langsung dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di desa.
  2. Memberikan gambaran langsung mengenai kondisi pendidikan dan masyarakat di desa.
  3. Menjadi sarana untuk aktualisasi diri dengan cara berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang dimilikinya kepada siswa, guru, sekolah dan juga masyarakat di desa.
  4. Memberikan kesempatan untuk menjalin relasi atau jejaring baru dengan semua pihak yang terlibat. Baik antar relawan, maupun dengan sekolah, guru, dan masyarakat desa.

 

Sikap Dasar

Ada 7 Sikap Dasar yang melandasi kegiatan Saba Desa yang diharapkan dimiliki oleh relawan yang terlibat dalam kegiatan ini, yaitu :

  1. Sukarela. Semua pihak yang terlibat mengikuti kegiatan ini dilandasi dengan kerelaan hati dan tanpa paksaan.
  2. Tulus. Semua pihak percaya bahwa ini bukan tentang diri relawan, bukan tentang para pengurus sekolah, tetapi demi anak-anak Indonesia yang akan lebih percaya diri dan siap berjuang menyongsong cita-cita mereka. Juga terbukanya ruang interaksi dan peluang terbentuknya jejaring atau relasi dengan berbagai pihak yang terlibat.
  3. Bebas kepentingan. Kegiatan ini bebas dari relasi dengan institusi perusahaan/lembaga tempat relawan bekerja. Kepentingan yang utama adalah demi masa depan anak-anak Indonesia, peningkatan kualitas guru, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di desa.
  4. Siap belajar. Bersikap terbuka dan saling belajar, baik sekolah, relawan, dan semua pihak yang terlibat.
  5. Ambil bagian langsung. Para relawan selalu siap terjun langsung, fokus pada aksi, siap hadir, dan siap berinteraksi langsung demi membawa dampak positif bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.
  6. Siap Berkolaborasi. Terbuka untuk membangun silaturahmi dan kerja sama semua pihak yang terlibat. Relawan, sekolah, guru dan masyarakat selalu terbuka, saling rendah hati dan tulus untuk terus menjalin silaturahmi dan membangun jejaring yang baik.
  7. Mandiri. Kesiapan relawan untuk terlibat langsung dibuktikan melalui kesediaannya untuk mengurus sendiri cuti yang dibutuhkan pada saat hari H dan bersungguh-sungguh menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan  (baik itu kebutuhan pribadi maupun bahan/materi yang akan disampaikan). Juga bersedia menanggung sendiri biaya-biaya yang akan keluar untuk kepentingan pribadi dan menanggung bersama untuk biaya-biaya yang keluar untuk kebutuhan kelompok.

 

Siapa Saja Yang Dapat Terlibat

1. Relawan Narasumber

Para profesional yang ambil bagian langsung di kegiatan Saba Desa, kami sebut sebagai relawan narasumber. Mereka adalah profesional/pekerja dari berbagai macam bidang pekerjaan dengan pengalaman bekerja minimal tiga tahun. Tidak ada batasan umur untuk bergabung menjadi relawan narasumber.

Persyaratan :

  1. Bersedia cuti dan hadir selama empat hari kegiatan Saba Desa dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.
  2. Wajib hadir pada saat Briefing.
  3. Menyiapkan dan menyediakan seluruh keperluan selama kegiatan Saba Desa secara swadaya.

 

2. Relawan Dokumentasi

Relawan dokumentasi adalah mereka yang mempunyai kemampuan di bidang fotografi atau videografi yang bertugas untuk meliput kegiatan Saba Desa.

Persyaratan :

  1. Bersedia cuti dan hadir selama empat hari kegiatan Saba Desa dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.
  2. Wajib hadir pada saat Briefing.
  3. Menyediakan peralatan fotografi atau videografi secara swadaya.

 

Baca TOR di sini:

Lihat TOR Saba Desa